Kata ini menghantui setiap sisi pikiran kami, mulai dari awal masuk semester pertama sampai hari ini, H +1 deadline, seminggu terakhir, jarang kulihat tawa lepas, canda teman-teman, semua berkerut dengan berbagai macam persoalan yang melelahkan urat nadi dan hati.

Andai kata ini tidak ada, dan andai semua bisa berjalan sebebasnya.. kukira takkan jadi begini, namun.. keberhasilan adalah sesuatu yang selalu memerlukan pengorbanan. Perjuangan yang belum mencapai titik klimaks sedang dijalani dengan tersendat-sendat..

Kemarin dan kemarinnya lagi.. mungkin  tulisan ini bisa dibilang “lebay namun inilah yang kurasakan, kualami dan kurenungi… memang tidak seharusnya membikin semua stress dan pengerahan segala kekuatan yang ada dalam diri untuk menghadapi sesuatu yang terkadang menjadi momok buat semua yang berkelas S1 yaitu skripsi.

Banyak sekali faktor yang membuat kita semua stress, sehubungan dengan  “skripsong” ini.. istilah yang lekat sekarang, made by “name” one of my best friend.. hehe. Semua berawal dari kata DEADLINE… kenapa harus ada LINE yang DEAD… kenapa LINE yang ada dibikin LIFE aja… kupikir itu lebih wise.. tapi.. hahaha..no way.. semua punya target dan batasan yang jelas, hingga seseorang bisa dikatakan berhasil pada waktunya.

Dihari yang dead ini, semua anak berkumpul dengan membawa sebundel karyanya, “MAHA KARYA” mengutip dari kata-kata pak dekan, yahhh betul sekali untuk sekali seumur hidup kita ditantang membuat sesuatu yang bermanfaat, yang unik dan mengandung critical thinking…. Dari pagi semua sudah siap dengan wajah penuh kecemasan dan hati nan gelisah…

Pada Allah SWT, dipanjatkan doa tiada putus, tahajjud tiada henti berharap semua dipermudah hari ini.. YA Rabb penguasa waktu berilah waktu yang cukup buat hamba membereskan semua ini… hiks.. hiks.. setelah itu lanjut lagi, seorang sahabat berkata.. saya belum tidur lho.. seorang lagi berkata, saya tidur ditumpukan buku… tapi satu lagi aneh.. dia bilang saya udah siap-siap dari sore, udah mandi biar seger, udah makan biar kuat… tapi abis magrib saya malah tidur.. huhuhu.. wah itu apa namanya yaa.. haahha ..

Semalam semua kurang tidur, pak mayor juga, yang jarang sekali eksis di fb tiba-tiba jam 4 subuh bangunin suruh tahajjud, ternyata dia juga belum tidur sama sekali, dan dia tidur setelah bikin status di grup.. wahh subuhnya bablas ya pak?…. hehehe

Dan aku sendiri,, masih berkutat dengan teori-teori yang memusingkan, yang bikin stress sendiri.. akhirnya aku putuskan untuk merevisinya nanti sambil jalan.. ketika dijalan temen q telpon minta tolong masukin draftnya ke pembimbingnya, dia sudah perbaiki semua dan sudah melengkapi persyaratan sidang… kerja kerasnya kemaren kubawa ke kampus.. dia sekarang ada dijakarta mengurus persiapan cpns nya.. sungguh beruntung kau kawan.. aku ingat dulu ketika masuk ketemu ini anak pertama kali di ospek, dia masuk unpad sebelu diwisuda d3nya, nahh sekarang dia lulus cpns sebelum dia diwisuda s1nya.. mudah-mudahan dia menikah sebelum dia LPJ… wahahha… Amien.

Setiba dikampus aku langsung menuju ruang pembimbingnya dan menitipkan draftnya ke sekretaris pembimbingnya.. setelah itu aku langsung menuju tempat dosen berkumpul, karena aku belum minta tanda tangan salah satu pembimbingku.. kebetulan kemaren dia sakit.. sampa disana kebali kulihat wajah-wajah tegang.. penuh harap dan asa yang tiada tara.. semoga pembimbing meng acc so bisa langsung masukin draft dan daftar buat sidang.. Tuhan.. help us. Semua berdoa..

Hari semakin siang, semua teman memenuhi bagian luar audi visual, menunggu sang dosen tercinta keluar .. ada yang duduk dilantai sambil ngetik, ada yang mondar mandir gelisah, ada yang duduk diam menerawang ntah kemana.. ada juga yang bercengkrama sekedar mengusir ketegangan… dan betul banget, sejenak kemudian waktu istirahat .. semua dosen terkasih keluar.. dan Alhamdulillah atas kebaikan, pengertian dan penerimaan dari sang pembimbing, semua teman-teman di acc.. walaupun perbaikan sambil jalan… Subhanallah… dan senyum itu.. heheh senum itu membias diwajah tiap sahabat yang kutemui.. walaupun betul betul masa yang rusuh… rusuhh…

Tempat kedua yang ramai setelah audio visual adalah sba… smua berkas di periksa oleh tim sba, ada bu nina dan bu elis… walaupun berkas tidak semuanya memenuhi syarat, ini bisa ditoleransi asala ada tanda tangan pak yudi selaku coordinator skripsi dan ketua program studi masing2 bagian.. ini berlangsung sampai sore.. karena ada yang baru di acc jam 2..

Nahh.. skarang gimana nasibnya draft temenku yang didittpkan ke pembimbingnya tadi… ternyata begitu dihadapkan ke pembimbingnya, draft temen q hilang… ntah siapa yang membawanya.. dalam 2 menit bisa lenyap dari pandangan… lemah  terasa seluruh sendi-sendi.. hari ini is DEADLINE.. so where r u draft?.. aku dan temen ku nci berusaha keras supaya ini bisa disusulkan.. setelah semua disiapkan dan mau dihadapkan pada pembimbingnya dengan draft yang baru saja di print, sang pembimbing sudah pulang.. wahhh jadi stress lagi.. tapi Alhamdulillah sebelum pulang sang pembimbing bilang draft ditunggu besok di DU… sepertinya ada sedikit titik terang, Cuma let it to Allah.. he make the decision… lets just hope and pray… hari ini nci akan ketemu sang pembimbing dan memohon kemurahan hatinya buat meng-acc walaupun pasti banyak sekali perbaikan buat temen ku ini… sekarang permasalahannya .. what about DEADLINE.. is 25 is a already dead… ohh GOD…

Setiba dikosan tercinta, aku ketemu dengan seorang sahabat lainnya.. fani, c eneng satu memutuskan untuk ikutan mei aja.. padahal dia sudah dapet semua acc pembimbingnya.. sungguh nasib baik yaa… Cuma karena merasa waktunya sangat mepet dan sibu serta no time untuk memperbaiki skripsongnya.. dia ga pede maju buat februari.. setelah sedikit bebincang dan mengatakan how lucky u are.. akhirnya maagnya kumat.. walah.. I m sorry neng, ga ada maksud bikin u stress.. hahaha..

Dengan usaha ulet akhirnya kita menemukan cara untuk memasukkan draftnya ke sba.. aku inget sba itu sampe malem nyala.. berarti ada yang jaga kan.. qqq ya udah akhirnya kita meluncur ke kampus jam 8 malem sekedar masukin draft, dan ketemu dengan security yang baik hati dan suka menolong.. dia dengan setai menunggui kita diruang sba sampai draft fani bisa masuk kesitu..

Akhirnya fani pulang dengan senyum setengah mengembang.. sambil menahan sakit maagnya… hehehe

Mengingat hal ini, menelusuri semua.. perjuangan ini belum sampai pada titik akhir, sahabat terkasih inilah satu pemberhentian sementara untuk sampai pada pemberhentian selanjutnya.. kiranya semua persyaratan untuk kita bisa turun dan beristirahat sejenak semuanya dilengkapi.. bawa serta jaket, selimt, dan peralatan buat hidup lainnya.. hingga kita takkan kedinginan, kepanasan bahkan kelaparan.. Tuhan memberikan semua yang terindah buat kita.. seperti seorang kutipan dari seorang sahabat yang sedang broken heart “Tuhan tidak memberikan apa yang kita inginkan, tapi Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan” so.. biarkan DIA yang memutuskan…

Buat sahabat yang belum juga acc… don’t be sad,  be happy and be calm.. sebab pemberhentian itu takkan kemana-mana, ia dengan senang hati dan tangan terbuka akan menerima kita setiap waktu.. tak ada kata terlambat asal kita terus berusaha.. terlambat acc bukan berarti we are to dumb.. but its mean.. we have to make it perfectooo… so MAHA KARYAnya.. benar-benar sesuatu yang bersejarah pada sepenggal kehidupan ini… SEMANGAT sobb… semuanya akan berakhir dengan indah.. inshaAllah….

To be continue….



About rabiah65

dedicated n humble person..

2 responses »

  1. yunk says:

    takkan pernah bisa ku lupakan moment terindah ini. sbg guru yang terbaik dalam sebuah sejarah kehidupan ^_^

  2. desi77 says:

    Btul banget yun, apalagi kisahnya yuni yang berliku2, dengan njelimetnya penelitian dan stressor deadline yang bikin jantungan, tapi 4 jempol buat yuni buat ketenangannya, keep cool walau orang lain pada heboh .. hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s