Patient is My Spirit

 

Suasana dan aroma sidang membuat peningkatan adrenalin perlahan-lahan ke level atas. Seperti hari kemaren perjuangan tiada henti, aku inget salah satu sahabat ku dikosan lama, yuni, anaknya cool and calm. Setiap ada masalah orang laen bisa kebakaran jenggot, dia masih aja enjoy. Sekilas yang aku tahu perkembangan skripsongnya, dari awal proposal banyak bener mengalami masalah,  mulai dari judul, sample sampai ke metode.. sungguh me lieurkan…

Tepat dihari pengumpulan draft terakhir, data yuni masih dibengkel, kebetulan aku maen kekosan dia waktu ngambil draft namie, aku liat dia masih ngerjain pembahasan dan masih bisa meladeni aku ketika minta dibukakan kamar namie.. hehehe.. Alhamdulillah semua berlalu.. tinggal menghadapi hari deadline to exam…

Another story I’ve collect is from bu yane, ibu ini dengan pembawaannya yang lemah lembut, so soft as a cotton and very sensitive person. Tapi judul penelitiannya manteb boo… its quasi experiment about oral hygene, mulai dari kesulitan dengan proposal yang bertema halitosis sampe pada penggantiannya dengan penumbuhan plak pada post experiment menggunakan sikat gigi dan kassa lembab.. guess what.. dihari pengumpulan proposal dan kalimatnya yang senantiasa merendah.. yahhh beginilah kemampuan saya.. saya sudah melakukan sebaik yang saya mampu.. sungguh kata-kata bijak bu…. 4 jempol deh…

Kesulitan dalam meneruskan penelitian baik dari pihak rumah sakit sampe pada kemampuan diri menganalisa dalam menuangkannya di pembahasan mengobrak abrik hari-hari yang nyaman bersama keluarga tercinta. Pikiran, perasaan dan jiwa raga tercurah sepenuhnya pada satu kata “wisuda”… semangat pantang mundur walau mentok dipembahasan … sangat sulit merangkai kata.. sebab kata-kata terangkai harus ada yang namanya mood.. nah masalahnya “mood” yang dimaksud ntah kemana ga nongol-nongol… tapi ga cukup hanya terpaku pada bab 4 pembahasan yang menguras kesabaran dan ketabahan setiap peneliti dalam mengekspresikan pikirannya… bu yane tidak berdiam pada halaman bab 4nya…. Dengan ringannya ia mengalihkan kegiatannya melakukan hal-hal kecil yang jadi menunya skripsong, ada kata pengantar, judul, daftar pustaka, daftar isi.. seperti yang ia pernbah katakana padaku ditelepo… bu, saya udah semua yang bagian kecil-kecilnya.. Cuma yang gedenya belom,… hahaha sambil tertawa ringan… nano nano yaa… hidup ini sangat indah kalau dinikmati.. seperti satu buku yang cukup menarik yang pernah aku lihat di perpustakaan.. “menikmati stress”..

Seperi biasa, aku ke kampus walau tahu kampus kosong, yang ada hanya pa cecep selaku admin sba, disini aku dan beberapa teman, namie, dita, nci, lia, pa zikri, dan fikri serta beberapa anak A menunggu dengan manis kedatangan pa cecep. Begitu dia dating kami meneyrbu masuk ke sba dan mendapatkan apa yang kami mau. Hanya saja sepertinya aku dan teman-teman KMB harus tetap bersabar, karena jadwal KMB belum ada… sungguh patient is my spirit…

Cita-cita, cinta dan harapan senantiasa bergulir disela-sela percakapan .. hanya sekedar mengurangi stress setelah tahu siapa aja yang jadi penguji. Ini kutangkap jelas di setiap tawa yang membahana di hall kampus. Bu siti langsung q sms pengujinya, dan yahh seperti yang diduga… aura sidang merebak walaupun hanya dari jauh jatinangor-cirebon.. Tuhan tahu bagaimana acara marathon bu siti mendapatkan acc sampai pada hari ia ditetapkan bisa sidang… oh TRA… sungguh menarik untuk di lihat….sampai-sampai namie udah pesen buat jadi asrotnya bu siti.. yahh semangatlah buu.. semua pasti ada endnya… just ready for Ners program…

Dilain pihak, nilai-nilai smt 3 udah hampir keluar semua, hanya PDK sama skripsi yang belum ada, tapi kedua MK ini memberi sumbangsih besar atas IPK smt 3.. oh God give us the best score lah.. plz…. Kalau aku prediksikan kemungkinan jadwal sidang KMB  hari selasa, karena disaat itulah para dosen KMB selaku penguji dan pembimbing tidak ada masuk ke sidang yang lain.. OMG.. stressor and stressor… aku mulai merasa mules berkepanjanngan… sampai diare.. harus segera dicari solusi yang tepat.. kebetulan namie ngajakin karaokean.. tapi ntahlah.. belum mood..

Hari ini aku mulai membereskan semua yang berbau draft, tapi belum pptnya… bu dian berkali-kali ngajakin diskusi ttg berapa slide yg harus ditampilkan.. wahh gila neh ibu dah bikin ppt.. aku masih jalan ditempat,, and aku jg blom ada bayangan gimana bikin ppt yang mewakili 100 halaman skripsong ku.. hiks…. But let it just flow as it has to be… because no starting point without its ending.. and Allah’s blesses always with us.. karena kita semua sedang belajar, belajar menempa diri menjadi lebih baik, jadi manusia yang mumpuni, karena tiada hari tanpa belajar.. manusia belajar adalah manusia yang maju dimasa depan… dalam akhlak, moral dan kehidupan…Amien..

About rabiah65

dedicated n humble person..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s