Bucat bisul, finally we’ve done it….

 

Fiuuhhhh…. Alhamdulillah Ya Rabb… Segala Puji atas semua Kuasa MU, kehendakMU, keridhoan MU, sungguh semua terjadi atas kehendak dan Takdir Mu. Sekian bulan menanti hari ini, hari dimana kami semua B2009 menghadapi yang namanya sidang skripsong. Dan setelah semua bagian maju, KMB dapet giliran terakhir.. ya hari inilah..

Dari beberapa hari yang lalu, stress mewarnai hari-hari, secara penelitian dengan waktu yg sangat terbatas. Apalagi izin penelitian yang diundur-undur keluarnya oleh instansi tempat penelitian, sungguh menguras keringat, pikiran dan air mata… seperti dialami beberapa rekanku yg meneliti di rumah sakit X. tidak beralasan sekali dengan menghambat dan mempersulit sesuatu yang intinya ingin memajukan dunia keperawatan tercinta. Ntah apa alasannya sungguh birokrasi yang dikambing hitamkan bukanlah alas an yang mutlak membumi hanguskan yang bernama science… apabila kata-kata wasiat “follow the procedure” yang jadi senjata.. huh.. its non sense.. semua harus di renov.

Dengan berbekal 5 bulan dari awal pengajuan tema sampai sekarang maju sidang … sahabat tercinta semua di B2009 berjuang keras membanting tenaga dan materi untuk merebut posisi di “graduation moment” wiihhh mimpikanlah indahnya sebuah kemenangan.

Hari ini, semalam aku berkutat dengan transkribku yang kukira bakal dipertanyakan disidang, aku membenahinya sedetil mungkin hingga sama dengan apa yang muncul di penyajian data di BAB 4. Aku tak mau dibombardir gara-gara ini. so aku mempersiapkannya secantik mungkin. Hingga subuh menjelang aku baru selesai.. alhasil aku ingat every point of key answer of my informant’s data. Aku fikir ini banyak juga manfaatnya. Stress yang aku rasa sampai harus kena GE beberapa hari membuatku membiasakan dengan kenikmatan akan stress ini. beberapa malam yang lalu aku banyakan nginep di namie, dan di nci. Satu hal yang bikin stress ku berkurang n thanks to nci yang sudah berlagak bagai penguji dan menanyakanku ini itu… sepertihalnya sedang dalam sidang…

Jam setengah tujuh aku sudah pergi kekampus, masih lengang, Cuma ada cleaning service dan security yang jaga. Aku bergegas ke atas dan menyiapkan segala sesuatunya. Sampai akhirnya KMB team is arrive.  Kami berjumlah  7 orang yang akan maju hari ini. dan aku maju pertama… OMG aku sebenrnya ga suka dengan nmr 1. Aku lebih suka melihat sidang punya orang dulu. Ini memotivasiku bisa lebih baik, tapi apa boleh buat aku harus terima semua dengan duduk manis dikursi  panas.

Tepat pukul 8.30 ketka baru akan mulai sidang di ruang tutor 6 tiba-tiba listrik padam… waduh, kita panic, atas order dari bapak ketua sidang mr. k kita semua invasi ke ruang rapat yang lebih banyak dapat cahaya matahari. Aku, yosi, bu yane, bu fitri, n pak opi. Semua bergegas pindah kesana dan mulailah shownya.

Tegang, cemas dan rasa lainnya bercampur aduk, nano nano.. aku membaca slide di laptopku yang baterainya sekarat. Setelah itu langsung sessi klarifikasi mengambil istilah mr. k. pertanyaan pertama membuatku sedikit terstimulasi dengan jiwaku yang suka sedikit menulis .. ehm rada lebay, Cuma yaa aku suka pertanyaan ini.. memang sedikit membuka mind ku yang terpuruk karena ketegangan yang semakin memuncak. Kemudian diteruskan dengan pertanyaan berikutnya.. semua mengalir dengan tenang dan rileks, Alhamdulillah ya Rabb.. n thanks to my lecturer.. sungguh moment ini membuatku sangat menghargai yang namanya ilmu. Orang mungkin bisa menjadi pintar tanpa guru, tanpa bimbingan, tapi orang tak akan bisa jadi wise, tanpa sebuah figur yang patut di contoh. Sikap tak akan terbentuk dengan sempurna tanpa ada proses. Belajar juga butuh proses, semua akan bermuara pada suatu hasil yang positif. Apabila memang dikehendaki demikian.  Satu jam berlalu, aku menikmati keadaan ini. sangat berterima kasih pada pembimbingku yang sangat teliti memberikan petuahnya, sampai aku memahami sedikit bagaimana esensi penelitian sebenarnya, dalam hal ini kualitatif, dan tanpa sadar aku menyukainya.. walau kadang aku tetap berkata “me-lieur-kan” tapi disinilah seninya… menantang dan membuat kita berfikir kritis.

Sesiku berakhir dengan damai, 1 jam berlalu dengan lumayan banyak perbaikan, setelah disuruh keluar dan menunggu pada penguji tercinta dan pembimbingku mendiskusikan hasilku, aku dinyatakan LULUS. Alhamdulillah.. lanjut kedua yang maju neng yosi, yosi membawakan judul sumber stress dan tingkat stress pasien hipertensi. Wahhh sudah masuk kuantitatif, aku angkat tangan… kaga ngarti!.. penguji membahas dari bab 1 mpe hasil.. mereka sangat teliti.. yosi maju terus walau banyak juga perbaikan dan saran. Kalau sudah pertanyaannya di awali “mengapa” ini membuat kita semua mulai menjawabnya sedikit menghayal, memadupadankan kata-kata dan kadang lari jauh dari konteks… yahhh itulah proses belajar, seperti orang yang jera melahirkan karena sakitnya bukan kepalang. Pada saat nelahirkan bersumpah tak akan mau melahirkan lagi, namun suatu saat akan hamil agi dan so pasti melahirkan lagi.. begitulah belajar, ketika lelah menerpa karena penelitian yang sangat menjerat urat leher, terbersit kata-kata “bangbaungan” tak akan lagi.. namun let us see.. few years a head.. pasti masih ada yang langsung nyambung lagi kuliah ke strata yang lebih tinggi.. wahh senengnya yaaa..

Lanjut kemuadian bu fitri, c ibu satu ini ketika sedang maju yosi, sibuk dengan pemahamannya terhadap variable dependent, independent.. urang ditanya lieur… teu ngarti… hihihi.. keliahatan banget tegang dan blingsatan… don’t know what to do… dengan kerudung pinkinya.. wihh c ibu akhirnya melepaskan tegangnya dengan mengunyah permen karet…. Sambil mondar mandir kesana kemari.. komat kamit.. terus membaca foto copy slidenya… fenomena yang sangat sering dijumpai selama minggu2 sidang berlangsung di FIk….  lain halnya dengan bu ida, ibu satu ini tidak mau masuk keruang sidang melihat yang sedang sidang, ketularan cemas katanya, tapi yaa… akhirnya ia ikutan juga.. walau pias mukanya kulihat setiap kali mendengar pertanyaan pertanyaan yang dilontarkan oleh penguji. Aku sangat memahami hal ini… its manusiawi bu…. Bu fitri maju dengan lebih santai, dia bisa menjawab pertanyaan walau sesekali tersandung, secara penelitiannya yang terdahulu mengambil tema hubungan.. nah yang sekarang kan hanya gambaran saja…. C ibu bisa mulus mendarat dengan selamat… hap ditangkap oleh kita-kita… yah senyum kelegaan terukir begitu sesi nya dinyatakan berakhir… kita tunggu lagi diluar untuk menunggu hasil.

To be continue…. ^_^.. ngantuk

About rabiah65

dedicated n humble person..

2 responses »

  1. hahaha bagus… like this dengan kata2nya yang lebay abisss,,,, good job!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s